Peluang mengangkat kembali nama bangsa

Indonesia saat ini sedang dilanda beberapa peristiwa yang mungkin dirasakan bukan sebagai prestasi namun sebagai musibah.Belum ada sebulan tentang kenaikan harga BBM yang dirasakan mempunyai dampak di berbagai pihak mulai dari kalangan bawah sampai kalangan menengah. Dan ditambah lagi di hari minggu kemarin terjadi suatu peristiwa perpecahan di kalangan masyarakat Indonesia yang mengakibatkan terjadinya korban luka-luka , (dan menurut saya mungkin saat ini ada suatu pihak yang sedang bertepuk tangan dan tertawa karena puas dengan konflik antar sesama).

Sudah lama Indonesia tidak terdengar gaungnya di luar negeri , prestasi-prestasi tidak pernah didapat oleh negeri ini (atau mungkin memang tidak dipedulikan oleh pemerintah). Indonesia sendiri memiliki berbagai tempat yang negara lain-pun tidak dapat mengalahkan keelokan pariwisatanya, seperti contohnya adalah candi Borobudur yang dahulu terkenal sebagai 7 keajaiban dunia namun tahun kemarin ditetapkan bahwa candi nan megah tersebut tidak termasuk di jajaran 7 keajaiban dunia.Tapi tenang saja saat ini ada peluang kembali untuk kembali berjaya.

The New7Wonders Foundation bersama United Nations for Partnership menyelenggarakan pemilihan 7 keajaiban dunia dengan melalui situs http://www.new7wonders.com sebagai sarana pemilihan secara online. Ada sekitar 77 nominator tempat ,proses pemilihan ini akan berakhir akhir desember 2008 dan akan disaring 21 nominator, dan dari 21 nominator tersebut akan disaring lagi sehingga muncul 7 keajaiban dunia yang baru.

Sementara kita patut bangga sebagai warga negara Indonesia karena dari Indonesia sendiri terpilih 3 tempat sebagai nominator. Berikut akan saya paparkan ketiga nominator dari Indonesia :

Danau Toba

Merupakan danau vulkanik di Sumatra utara , Indonesia. Di tengah danau toba terdapat pulau samosir. Menurut perkiraan, danau toba terjadi karena letusan gunung berapi super(supervolcano), setelah letusan tersebut terbentuklah kaldera dan kemudian terisi oleh air. Sedangkan munculnya pulau samosir sendiri disebabkan oleh magma yang belum keluar.

Krakatau/anak Krakatau

Gunung yang terletak di selat sunda ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, pada tahun 1883 gunung ini meletus dengan begitu dahsyatnya dan mengakibatkan tsunami memakan korban sekitar 36.000 padahal di masa itu penduduk Indonesia/bumi masih sedikit. Setelah 40 tahun gunung Krakatau meledak , munculah gunung api kembali yang dinamakan anak Krakatau di kawasan yang sama, anak Krakatau saat ini terus bertambah tingginya dengan kecepatan 4cm pertahun dan saat ini anak Krakatau mempunyai ketinggian 230 diatas permukaan laut.

Taman Nasional Komodo

Taman yang terletak diantara nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur ini merupakan sebuah taman nasional yang didirikan untuk melindungi binatang komodo.Taman ini terdiri dari 3 pulau besar yaitu pulau Komodo, Rinca, dan Padar serta beberapa pulau kecil lainnya.Taman yang juga diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO aslinya merupakan pulau vulkanis.

(sumber: id-wikipedia)

Untuk itu marilah kita berpartisipasi untuk memilih 3 tempat tersebut supaya masuk kedalam jajaran 7 besar keajaiban dunia. Janganlah kita menyianyiakan kesempatan ini karena untuk saat ini (saat tulisan ini ditulis) posisi ketiga tempat tersebut belum mempunyai posisi yang memadai untuk masuk ke seleksi berikutnya.

Semoga tulisan ini dapat membantu menghantarkan nama baik Indonesia di mata dunia kembali 😀

Nilai yang terkandung dari Sinoman Pernikahan

sinoman pernikahanGotong royong katanya merupakan tradisi kebanggan bangsa indonesia, bangsa yang terkenal di luar sana dengan orang-orangnya yang ramah dan bergotong royong.Gotong royong juga merupakan materi pelajaran ppkn yang dulu selalu dipelajari dikala saya masih SD (entah masih ada apa tidak-> ngelantur 😀 ).Namun entah disaat bangsa seperti ini dimana keadaannya menurut saya sudah berbalik dari kalangan atas sampai kalangan bawah pun sudah hilang semangat kegotong royongannya.Terdengar dahulu kabar dimana para dewan tersebut rapat dibarengi dengan adegan tinju mabuk,bener-bener mabuk 🙂 .Dan juga pernah baca juga di suatu koran tentang tawuran antar kampung ataupun antar pelajar.Duh..bangsaku 😦

Namun dibalik semua itu saya yakin pasti masih ada secercah sisa-sisa kebudayaan nan arif nan luhur tersebut yang masih tertanam di masyarakat.Masih banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk terus melestarikan nilai semangat juang kegotong royongan tersebut,walaupun masyarakat yang masih eksis tersebut berada di daerah pinggiraan kota ataupun masih pedesaan.

Salah satu kegiatan tersebut yaitu kegiatan sinoman pernikahan,sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan para pemuda di suatu desa untuk membantu tetangganya yang sedang mempunyai hajatan.Kegiatan ini dilakukan karena para pemuda tersebut ingin berbakti ataupun memberikan kontribusi sesuai apa yang bisa mereka lakukan,disamping itu kegiatan ini juga ditujukan agar semangat kepemudaan dan kegotongroyongan dapat terwujud.

Para pemuda tersebut membantu yang mempunyai hajatan untuk melayani para tamu undangan dalam urusan konsumsi,lebih jelasnya para pemuda tersebut bekerja mengantarkan makanan tersebut ke para tamu dalam acara pernikahan itu.Sederhana memang ,namun demikianlah suatu perilaku masyarakat yang patut dilestarikan karena mempunyai semangat kebersamaan .Disamping itu di pihak tuan rumah merasa terbantu karena para tamu undangan mereka terlayani.

Dari hal tersebut tampaklah guyub rukun antar pemuda/tetangga dalam masyarakat,masyarakat yang tolong menolong,bahu membahu, dan sejahtera.Dapat dilihat dimana pemuda tidak meminta upah sepeserpun namun mereka bekerja ingin memberikan yang terbaik untuk kampung mereka,karena tamu yang datang di kampung mereka juga harus dilayani dengan baik.Seandainya para pemimpin bangsa kita bekerja seperti itu ,dimana mereka menomor satukan kontribusi terhadap bangsa sehingga membawa kehidupan bangsa lebih baik bukannya demi sebuah gaji yang akan mereka nikmati sendiri,maka kemungkinan di masa datang kehidupan bangsa tidak akan seperti pada saat sekarang.

Tulisan ini terilhami dari kegiatan pemuda saya di kampung saya,apabila ada kesalahan kata ataupun kata yang tidak berkenan di hati anda maka hal tersebut bukan merupakaan unsur kesengajaan.Saya menulis ini untuk diri saya sendiri pada khususnya dan untuk bangsaku pada umumnya.Dan maaf apabila tulisan saya kacau seperti ini.Matur nuwun.. 😀

Juminten Bareng Komunitas Cah Andong

juminten cah andong

Juminten merupakan kebiasaan komunitas cah andong (komunitas bloger yogyakarta) nongkrong pada hari jumat malem di depan monumen umum 1 maret.Juminten adalah akronim dari Jumat Midnite Tenguk-tenguk,kegiatannya berupa temu blogger dan membahas isu-isu terbaru yang terbaru dikalangan blogger.Untuk lebih jelasnya lagi lagi silahkan baca di sini

Pertama saya datang saya langsung disambut welcome oleh saudara antobilang dan annots,walaupun cukup bingung waktu pertama datang kesana karena belum pernah lihat wajah dari teman-teman cah andong dan mencari-cari dulu yang mana sih kerumunan dari anak-anak cah andong karena disana (di depan monumen serangan umum)banyak juga yang sedang tenguk-tenguk.Akhirnya saya beranikan tanya kepada salah satu kelompok yang sedang nongkrong,eh..pertama kali tanya langsung kebetulan bahwa disitu adalah tempat anak cah andong nongkrong.

cah andongcah andong lagi

foto-foto cah andong

Seperti biasa pada saat acara jumintenan bahwa menu suguhannya berupa kue cenil,klepon,putu,dll(jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras),maka saya langsung ditawarin makanan tersebut oleh teman-teman komunitas cah andong.Dan tak beberapa lama satu persatu anak-anak cah andong yang lain mulai berdatangan juga dan mulai lagi saya bersalam-salaman saling berkenalan (walaupun maaf masih belum hafal semuanya 😀 ).

Ya seperti biasa waktu belum begitu banyak kenal pada suatu lingkungan baru maka saya masih kebanyakan Cuma diam saja J ,walaupun sudah ditegur sama mas annots agar ngobrol berbaur dengan teman-teman cah andong yang lain.Untunglah tak beberapa lama ada teman yang kenal dan anak cah andong juga yang datang,jadi saya bisa ngobrol tak banyak diam saja.Sambil menikmati pemandangan lalu lalang di perempatan kantor pos besar saya beli wedang ronde (harganya 3000 idr) hmmm nikmatnya maknyus nendang ngajul mumbul ketuk bantul..hehehe 😀

iki wedang ronde

wedang ronde anget

Selang beberapa lama kembali juminten di suguhi oleh permainan musik dari musisi jalanan beraliran reagge,mereka membawakan lagu redemtion song(bob marley),serenada(steven and coconutreez),dan jalan-jalan(shaggy dog).Dengan suara khas jamaica mereka berhasil membuat para personel juminten yang lain sedikit mengangguk-anggukan kepala.

iki wong ngamene

dihibur seniman jalanan

motor saya nihSetelah melanjutkan nongkrong-nongkrong jumintenan tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11 lebih dikit,maka saya mulai pamit dengan teman-teman yang masih tersisa jumintenan.Kembali pulang ke peraduan untuk menyongsong kegiatan esok hari,besok kalo ikut jumintenan lagi saya tulis lagi disini..Sekarang motor saya sudah menunggu saya untuk ditunggangi tuh disamping hehehe.. 😀 Sekian aja dulu deh tulisan dari saya.Buat temen-temen yang pengen ikut juminten datang aja ya..saya malah pengen dateng lagi nih,tambah temen tambah .asyik.Oke..wassalam beybeh

Menengok Sejenak Pesona Yogyakarta

image001.jpg
“Walau kini kau tlah tiada tak kembali Namun kotamu hadirkan senyummu abadi Ijinkanlah aku untuk slalu pulang lagi Bila hati mulai sepi tanpa terobati”
(KLA Project)

Begitu banyak wisatawan asing maupun domestik yang datang silih berganti untuk sekedar meluangkan waktu menikmati indahnya kota yogyakarta,karena yogyakarta merupakan kota wisata yang terkenal baik dalam maupun luar negeri.Yogyakarta mempunyai beraneka ragam tempat wisata yang sangat menawan,mempesona,dan selalu terkenang jika pernah menginjakkan kaki di kota ini.Romansa yang di tawarkan kota ini membuat kesan tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Namun sungguh ironis jika orang luar yogyakarta datang menikmati suasana kota ini sedangkan penduduk asli kota ini justru jarang atau malah tidak sama sekali menikmati suasana indah kota yogya yang dianugrahkanNYA,seperti saya ini yang tinggal di yogyakarta malah jarang menikmati wisata di kota sendiri.Untuk itu saya luangkan waktu saya liburan beberapa hari kemarin untuk memnengok sejenak betapa indahnya dan nikmatnya kota ini.

image003.jpgPetualangan diawali pada hari rabu tanggal 19,bertempat di warung poci lek *****(lupa 😀 ) tempatnya dibelakang smsr daerah bugisan dan tempatnya di pinggir kali winongo.Ditempat ini menyajikan kuliner layaknya angkringan namun dikemas dengan suasana lesehan dan lampu yang redup sehingga menimbulkan suasana yang tenang,nyaman,tentram layaknya suasana kota yogya dan menu disini cukup murah.Tak ayal ada juga pasangan yang menyinggahi tempat ini untuk merasakan damainya cinta.

image005.jpgEsoknya saya melangkah pergi ke daerah kraton yogyakarta,karena disana diadakan acara grebeg/gunungan yaitu puncak acara maulud nabi yang diselenggarakan oleh kraton ngayogyakarta hadiningrat.Namun sayang tiket yang ingin saya beli untuk masuk ke pagelaran kraton telah habis,kemudian teringat kata ibu saya pabila tiket telah habis paling tidak melihat dari belakang kraton saja atau di keben nama tempatnya.Disana walaupun tidak dapat melihat para prajurit kraton beraksi namun saya bisa melihat para abdi dalem kraton yang bersiap-siap untuk membawa gunungan.Sempat juga mengabadikan foto gunungan dan para prajurit kraton yang berada disana.

image007.jpg image009.jpgimage011.jpg

Suasana di daerah keben

 

image013.jpgDi petang hari saya bergerak ke arah utara dari keraton yogyakarta,tepatnya di depan benteng vredenburg(mohon koreksi kalo salah tulisan J ).Disekitar sana ada monumen serangan umum 1 maret dan didepan sana ada tempat duduk yang disediakan/dari semen di sekitar taman-taman yang konon dibangun untuk memperindah kota yogyakarta serta agar kawasan tersebut tidak digunakan lagi untuk para pedagang kaki lima yang kini sudah dipindahkan di utara benteng atau kini kawasan tersebut diberi nama pasar sore.DI depan monumen umum 1 maret kita bisa menikmati suasana lalu lalang lalu lintas kendaraan yang baru saja melalui kawasan daerah malioboro,di daerah sana memang sering terjadi kemacetan.Disamping itu kita bisa melihat gedung-gedung tua warisan belanda(Londo kalo kata mbah saya J ),ada gedung agung atau istana negara,gedung bni,kantor pos,gedung BI dan lain-lain.Sungguh romantis suasana disekitar sana,apabila sama pasangan masing-masing dan diterangi lampu kota yang indah.

image015.jpgDua hari setelah berpetualang di seputaran kraton keutara,saya kembali menginvasi objek wisata yang ada di tamansari,konon tempat ini sebuah taman untuk tempat raja yogyakarta dan para selir-selirnya(kalo saya cukup 1 saja ah J ).Didaerah ini bukan tempat asing bagi saya,karena sewaktu tk-sd saya bertempat tinggal diseputar daerah tersebut.Disana keadaanya sangat kental dengan budaya jawa,dari seni bangunanya sungguh sangat mengagumkan,namun sayang di sana ada bangunan yang rusak karena adanya gempa tahun 2006 silam,bangunan tersebut bernama Pulau Cemeti .Ada bangunan yang disangga oleh besi karena akan runtuh.Semoga saja dipugar kembali karena bangunan tersebut perlu dilestarikan agar dapat dinikmati oleh anak-cucu kita kelak.Di istana air tamansari bangunannya sudah lebih sedikit bagus dari beberapa tahun yang lalu sewaktu saya masih tinggal di daerah sana,kini tempat itu sudah dipugar dan di kolam airnya diisi air yang jernih,pengunjung dilarang berada terlalu dekat dengan kawasan kolam tersebut.

image017.jpgimage019.jpgimage021.jpg

Pesona objek wisata tamansari

 

image023.jpgHmmm..budaya harus dilestarikan,jangan sampai punah.Budaya adalah sejarah dan harus dijaga untuk dinikmati generasi mendatang.Dengan mencintai budaya lokal maka kita telah melestarikan kekayaan budaya bangsa indonesia.Nah setelah beberapa hari ikut turut menikmati pesona yogyakarta maka sudah saatnya beristirahat..capek mas….hehehe 😀