Negosiasi Anda Gagal Pak

Sebenarnya udah agak lama sih, awal tahun kejadiannya ketika pulang dari rafting yang diadakan sama teman sekelas kampus. Begini ceritanya…

Ketika pulang dari magelang setelah rafting maka saya dan kawan saya si yashit ( yang dulu pernah jalan dari wirobrajan – concat) memacu sepeda motor dengan kecepatan rendah pulang keselatan menuju rumah. Saat itu kami terkena lampu merah dan bang jo-nya gak ada timernya. Ketika lampu udah ijo maka kami siap melaju tapi sayang bangjo-nya lumayan padet. Nah ketika kita sudah sampai garis zebra cross motor kami melaju, namun ketika kami melaju tak terlihat barengannya( ga ada kendaraan lainnya). Lha bajingaaan…shit(yashit) awake dewe ngelanggar abang (kita ngelanggar merah!!). Alhasil maka saya suruh si yashit(karena dia di depan) untuk tancap gaaaaas. Akan tetapi karena naluri balap teman saya yang lemah karena kebanyakan ihik maka dari belakang terdengar suara motor dengan ngebut juga, ketika saya menoleh belakang maka sudah kami duga ada hongib(polisi) yang ngejar kami. Motor kami pinggirkan , SIM yashit kami serahkan. Dan sampai jumpa di pos polisi :mrgreen: .

Kena Deh

Kena Deh!!

Setelah d pos polisi,pak polisi bertanya kepada kami:

Hongib: Anda tau kesalahannya?

Cah bagus: Ya pak.

Hongib:Bagus, saya salut dengan anda. Biasanya para pelanggar pada nggak ngakuin kalo ngelanggar. Biasanya mereka ngomong kalo baru kuning belum merah. Itu sama saja melawan polisi, bisa kena sangsi lagi kalo melawan polisi.

Cah bagus:Iya pak.

Setelah sesi ceramah basa basi dari pak hongib maka, masih dilanjut bas-basi lagi. Mari kita simak…

Hongib: Nah, mas ini sidang tanggal 15 januari ya. Hari jumat, bisa khan?

Cah Bagus: Iya pak (sambil manggut2).

Sek..sek, dari tadi kok saya jawabnya ia pak, ia pak melulu. Hmm, begini ya, salah satu jurus jitu untuk tenang menghadapi polisi yaitu JANGAN MELAWAN HONGIB hehe 😀 . Karena yang saya tau yang namanya hongib kalo dilawan, dimaido, di opolah bla bla bla maka dia pasti juga lebih ngelawan lebih maidolagi. Maka cara yang terbaik adalah manut aja sama dia alias meng-Iya khan saja. Ok lanjut..

Hongib: Menurut undang-undang sekarang pelanggaran lalu lintas dapat dikenakan denda paling besar 100rb (sambil memperlihatkan tumpukan kertas yang berisi undang-undang ato apalah, wong saya gak baca kok :p ). Tapi saya bisa bantu anda kalau anda tidak bisa sidang atau ada halangan . Anda bisa titip sama saya 50rb. Kalau dulu berapa? 20rb khan, sekarang aturan barunya kalo titip 50rb.

Cah bagus: Oh, hmmm jadi sidangnya tanggal 15 ya pak. kelihatanya saya bisa sidang kok pak.

Hongib: Ya tapi itu kalo sidang bisa 100rb lho mas, kalo mas-nya ga bisa datang sidang bisa sama saya nitipnya. Kebanyakan pada ga bisa sidang ya karena waktunya sibuk.

Cah bagus: hmm, bisa kok pak sidangnya. (saya rembugan sama teman saya). Kebetulan kami libur kuliah pada hari itu.

Hongib: Gmana, mau titip atau sidang saja.

Lhadalah, dari tadi saya gak pernah nyinggung titip kok, saya dari tadi lebih fokus ke sidang omongannya masih aja ditawarin. wkekekekeke :mrgreen: . Kalo urusan duwit ntah ntar bayarnya 100rb bagi saya masih mampu bayar kok buat sidang. Urusan duit ga masalah, yang penting nggak bayar di polisi aja. Pernah suatu hari saya naik kereta keJakarta, dan disamping saya ada ibu-ibu dan kami sempat ngobrol ngalor ngidul. Dari ibu-ibu tersebut saya tau kalau gosipnya hongib harus setor ke komandannya 350rb/hari per pos polisi 😮 . Nah dari situ saya gak rela dong kalo duit saya cuma masuk ke situ (kalo pun itu gak bener/ga ada, lantas kenapa polisi menawarkan titip. Padahal nggak ada itu yang namanya titip-titipan 😀 )

Cah bagus: Sidang aja pak, saya bisa kok hari itu. sidangnya di PN Sleman khan? biar saya sidang aja pak 🙂 (sambil senyum).

Setelah itu ditandatangani surat tilangnya maka STNK, saya pondokkan ke pengadilan untuk jangka waktu 2 minggu. Keluar dari pos, saya senyum penuh kemenangan karena saya sudah memilih pilihan tepat dan pilihan seharusnya. Saya juga melakukan ini karena mendukung gerakan anti korupsi, bagi saya titip-titipan merupakan tidakan korupsi. Dan juga bagi anda, gak usah sok-sok memaki para koruptor di tv kalau anda masih suka titip sama polisi kaya gitu.

Pada waktu sidang semua berjalan lancar, kita tinggal hadir dan mengakui telah berbuat salah melanggar. Perlu anda ketahui, untuk membayar sidang diperlukan uang 40rb dan sudah pasti masuk ke kas negara dan semoga digunakan untuk kemajuan bangsa, coba bandingkan dengan uang titip kepada polisi. 50rb…preeeeeeeeeeeeeeeeet :mrgreen:

Iklan

9 thoughts on “Negosiasi Anda Gagal Pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s