Sang Penyelamat Lingkungan

Saat ini lingkungan alam sudah sangat memprihatinkan,dimana kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana bahkan disekitar anda pun saya yakin dapat dijumpai.Contoh kerusakan lingkungan yang terjadi di indonesia dan sangat parah dan membuat saya mengelus dada adalah bencana yang terjadi di Sidoarjo yaitu meluapnya lumpur lapindo.

Namun terlepas dari semua itu ternyata masih ada orang ataupun sekelompok orang yang berusaha untuk menyelamatkan lingkungan yang telah rusak.Kelompok tani murakapi contohnya,kelompok tani ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.Desa jabung mempunyai masyarakat yang makmur dan kebutuhan hidupnya dapat tercukupi dengan baik.

Jauh sebelumnya ,yaitu sekitar tahun 70 an masyarakat desa tersebut bekerja dengan memanfaatkan hasil hutan berupa kayu dan dengan berjalannya waktu maka pohon-pohon di hutan desa tersebut menjadi semakin sedikit dan terbentuk lahan kritis,dimana ditempat itu sumber mata air menjadi langka,dan kehidupan masyarakat menjadi serba kesusahan bencana terjadi seperti banjjir dan tanah longsor.

Akhirnya timbulah kesadaran di warga desa tersebut,dimotori oleh seorang petani yaitu pak surat maka dimulailah usaha untuk menanami lahan tersebut dengan pohon-pohon untuk melakukan penghijauan kembali di lahan tersebut.Setelah lahan tersebut kembali hijau,munculah mata air yang memberi kesejahteraan bagi masyarakat tersebut.Wargapun mulai memanfaatkan air tersebut untuk kehidupan sehari-hari.

Setiap rumah pun dialiri air,tidak seperti waktu sebelumnya mencari air sampai berkilo-kilo meter jaraknya.Untuk mendapatkan airpun tidak dipungut biaya hanya dikenakan iuran untuk pembuatan bak penampungan.

Selain dari bertani,kelompok tani murakapi juga mempunyai usaha sampingan yang lain,beternak madu.Kegiatan tersebut tidak memiliki waktu yang banyak untuk mengurusnya namun kegiatan ini memiliki keuntungan yang lumayan.

Kelompok tani murakapi memperoleh penghargaan KALPATARU pada tahun 2003,meskipun begitu kegiatan petani tersebut tidak hanya berhenti begitu saja.Justru dengan penghargaan tersebut kelompok tani ini makin gigih untuk melsetarikan lingkungan.

Patut dicontoh kesadaran warga tersebut untuk melestarikan lingkungan dan usaha tersebut memberikan hasil yang sangat bermanfaat untuk kehidupan meraka maupun orang banyak.Tulisan ini saya persembahkan untuk memperingati hari bumi.

Source:Periskop di METRO TV dan disini

Kangen Minum Saparila

Sarsaparila merupakan minuman limun berkarbonasi seperti kola namun rasanya bukan seperti coca cola yang banyak beredar di masa sekarang,yang jelas untuk mendiskripsikan rasanya sungguh susah,soalnya rasa yang kaya gini jarang saya temuin dan baru kemarin saya dapat merasakan kembali setelah belasan tahun gak pernah minum(weleh..kaya umurnya udah tua saja 😀 ).

Botolnyapun dari dulu hingga sekarang tidak ada yang berubah,hanya seperti itu-itu saja.Tutup botol sarsaparila ini bentuknya tidak lazim dengan tutup botol minuman lainnya, tutupnya sendiri dibuat dari kayu dan diberi pengait,hingga kelihatannya seperti tutup tradisional. Label dari minuman inipun juga lain dari pada yang lain semuanya dibuat dengan sederhana,tampaklah digambar label minuman sarsaparila tersebut.Label tersebut hanya foto kopian dan memakai kertas yang berwarna kuning.Tapi walaupun seperti itu anda tidak perlu khawatir karena minuman in terjamin kok,saya dapat melihat no ijin depkes pada botol minuman itu.Dan dengan disain yang sederhana juga minuman ini terkesan jadul.

Minuman ini membuka memory saya pada waktu saya masih kecil entah tidak tau berapa umur saya pada waktu itu.Ceritanya begini,waktu kecil dulu saya sering sekali disuruh oleh orang tua saya untuk membeli minuman ini di warung Bu Im,tepatnya di daerah rotowijayan(komplek kraton kesultanan ndojokarta yogyakarta),ya memang rumah saya ngontrak di daerah situ sebelum pindah ke bantul.Saya sangat senang sekali minuman seperti ini,mungkin dahulu belum banyak minuman bersoda seperti pada saat ini.

Namun kenapa ada tiga cowok tapi tidak ada yang mau… minuman ini sudah langka dipasaran,bisa dikarenakaan minuman ini tak banyak yang beli lagi karena para konsumen lebih tertarik dengan minuman bersoda seperti sprite,fanta,coca cola,dll.Saya pun harus tanya teman kesana kemari untuk mendapatkan minuman ini,akhirnya dapat juga tempat untuk belinya itupun di warung soto mbah soleh di jalan wates.

Akhirnya saya pergi kewarung soto tersebut untuk menikmati minuman itu ,bersama teman saya mas hamid,kami melaksanakan misi tersebut.Satu botol sarsaparila segar tersebut di bandrol seharga 4000 idr,walaupun agak mahal atau tidak seperti harga minuman biasanya (kecuali sing doyan ngombe AO 😀 ) namun minuman ini sangat istimewa bagi saya karena minuman ini minuman langka,susah nyarinya,limited edition,dan dapat membuat saya menerawang jauh ke belasan tahun yang lalu 🙂

Nilai yang terkandung dari Sinoman Pernikahan

sinoman pernikahanGotong royong katanya merupakan tradisi kebanggan bangsa indonesia, bangsa yang terkenal di luar sana dengan orang-orangnya yang ramah dan bergotong royong.Gotong royong juga merupakan materi pelajaran ppkn yang dulu selalu dipelajari dikala saya masih SD (entah masih ada apa tidak-> ngelantur 😀 ).Namun entah disaat bangsa seperti ini dimana keadaannya menurut saya sudah berbalik dari kalangan atas sampai kalangan bawah pun sudah hilang semangat kegotong royongannya.Terdengar dahulu kabar dimana para dewan tersebut rapat dibarengi dengan adegan tinju mabuk,bener-bener mabuk 🙂 .Dan juga pernah baca juga di suatu koran tentang tawuran antar kampung ataupun antar pelajar.Duh..bangsaku 😦

Namun dibalik semua itu saya yakin pasti masih ada secercah sisa-sisa kebudayaan nan arif nan luhur tersebut yang masih tertanam di masyarakat.Masih banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk terus melestarikan nilai semangat juang kegotong royongan tersebut,walaupun masyarakat yang masih eksis tersebut berada di daerah pinggiraan kota ataupun masih pedesaan.

Salah satu kegiatan tersebut yaitu kegiatan sinoman pernikahan,sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan para pemuda di suatu desa untuk membantu tetangganya yang sedang mempunyai hajatan.Kegiatan ini dilakukan karena para pemuda tersebut ingin berbakti ataupun memberikan kontribusi sesuai apa yang bisa mereka lakukan,disamping itu kegiatan ini juga ditujukan agar semangat kepemudaan dan kegotongroyongan dapat terwujud.

Para pemuda tersebut membantu yang mempunyai hajatan untuk melayani para tamu undangan dalam urusan konsumsi,lebih jelasnya para pemuda tersebut bekerja mengantarkan makanan tersebut ke para tamu dalam acara pernikahan itu.Sederhana memang ,namun demikianlah suatu perilaku masyarakat yang patut dilestarikan karena mempunyai semangat kebersamaan .Disamping itu di pihak tuan rumah merasa terbantu karena para tamu undangan mereka terlayani.

Dari hal tersebut tampaklah guyub rukun antar pemuda/tetangga dalam masyarakat,masyarakat yang tolong menolong,bahu membahu, dan sejahtera.Dapat dilihat dimana pemuda tidak meminta upah sepeserpun namun mereka bekerja ingin memberikan yang terbaik untuk kampung mereka,karena tamu yang datang di kampung mereka juga harus dilayani dengan baik.Seandainya para pemimpin bangsa kita bekerja seperti itu ,dimana mereka menomor satukan kontribusi terhadap bangsa sehingga membawa kehidupan bangsa lebih baik bukannya demi sebuah gaji yang akan mereka nikmati sendiri,maka kemungkinan di masa datang kehidupan bangsa tidak akan seperti pada saat sekarang.

Tulisan ini terilhami dari kegiatan pemuda saya di kampung saya,apabila ada kesalahan kata ataupun kata yang tidak berkenan di hati anda maka hal tersebut bukan merupakaan unsur kesengajaan.Saya menulis ini untuk diri saya sendiri pada khususnya dan untuk bangsaku pada umumnya.Dan maaf apabila tulisan saya kacau seperti ini.Matur nuwun.. 😀

Juminten Bareng Komunitas Cah Andong

juminten cah andong

Juminten merupakan kebiasaan komunitas cah andong (komunitas bloger yogyakarta) nongkrong pada hari jumat malem di depan monumen umum 1 maret.Juminten adalah akronim dari Jumat Midnite Tenguk-tenguk,kegiatannya berupa temu blogger dan membahas isu-isu terbaru yang terbaru dikalangan blogger.Untuk lebih jelasnya lagi lagi silahkan baca di sini

Pertama saya datang saya langsung disambut welcome oleh saudara antobilang dan annots,walaupun cukup bingung waktu pertama datang kesana karena belum pernah lihat wajah dari teman-teman cah andong dan mencari-cari dulu yang mana sih kerumunan dari anak-anak cah andong karena disana (di depan monumen serangan umum)banyak juga yang sedang tenguk-tenguk.Akhirnya saya beranikan tanya kepada salah satu kelompok yang sedang nongkrong,eh..pertama kali tanya langsung kebetulan bahwa disitu adalah tempat anak cah andong nongkrong.

cah andongcah andong lagi

foto-foto cah andong

Seperti biasa pada saat acara jumintenan bahwa menu suguhannya berupa kue cenil,klepon,putu,dll(jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras),maka saya langsung ditawarin makanan tersebut oleh teman-teman komunitas cah andong.Dan tak beberapa lama satu persatu anak-anak cah andong yang lain mulai berdatangan juga dan mulai lagi saya bersalam-salaman saling berkenalan (walaupun maaf masih belum hafal semuanya 😀 ).

Ya seperti biasa waktu belum begitu banyak kenal pada suatu lingkungan baru maka saya masih kebanyakan Cuma diam saja J ,walaupun sudah ditegur sama mas annots agar ngobrol berbaur dengan teman-teman cah andong yang lain.Untunglah tak beberapa lama ada teman yang kenal dan anak cah andong juga yang datang,jadi saya bisa ngobrol tak banyak diam saja.Sambil menikmati pemandangan lalu lalang di perempatan kantor pos besar saya beli wedang ronde (harganya 3000 idr) hmmm nikmatnya maknyus nendang ngajul mumbul ketuk bantul..hehehe 😀

iki wedang ronde

wedang ronde anget

Selang beberapa lama kembali juminten di suguhi oleh permainan musik dari musisi jalanan beraliran reagge,mereka membawakan lagu redemtion song(bob marley),serenada(steven and coconutreez),dan jalan-jalan(shaggy dog).Dengan suara khas jamaica mereka berhasil membuat para personel juminten yang lain sedikit mengangguk-anggukan kepala.

iki wong ngamene

dihibur seniman jalanan

motor saya nihSetelah melanjutkan nongkrong-nongkrong jumintenan tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11 lebih dikit,maka saya mulai pamit dengan teman-teman yang masih tersisa jumintenan.Kembali pulang ke peraduan untuk menyongsong kegiatan esok hari,besok kalo ikut jumintenan lagi saya tulis lagi disini..Sekarang motor saya sudah menunggu saya untuk ditunggangi tuh disamping hehehe.. 😀 Sekian aja dulu deh tulisan dari saya.Buat temen-temen yang pengen ikut juminten datang aja ya..saya malah pengen dateng lagi nih,tambah temen tambah .asyik.Oke..wassalam beybeh

Heboh Korek Api Porno

korek sempakKemarin sehabis saya pulang dari kuliah badan begitu capek dan untuk me-refresh kembali badan saya bebaringan di tempat biasa menonton televisi,beberapa saat kemudian saya melihat ulasan berita di Antv kalo tidak salah acara tersebut bernama telisik.Yang menjadi perhatian saya disana terdapat adegan dimana beberapa orang anak kecil memainkan korek api.Dalam batin saya,itu anak kok mainan korek api padahal mereka tidak ngerokok,memasak,ngobong uwuh,mainan petasan,dll(malah ngelantur 🙂 ).

Liputan ini berada diadaerah banyuwangi.Anak-anak tersebut menggunakan korek tersebut untuk bermain-main atau lebih spesifiknya yaitu senter-senteran,namun anehnya apabila senter tersebut darahkan ke tembok maka akan ada bayangan atau gambar seorang cewek yang bohay atau malah telanjang(ujug buneng 😀 ).Betapa kagetnya saya kok anak-anak tersebut bisa mendapatkan korek gas tersebut padahal saya yang dewasa kayak gini tidak punya(malah tambah ngelantur lagi nih 😀 ).

Setelah mengikuti ulasan acara berita tersebut dapat dipastikan anak-anak tersebut mendapatkan barang itu dari warung-warung pinggir jalan atau warung kelontong secara bebas.Menurut sumber harganya berkisar 3500-5000 idr,pedagangnya pun tidak menyeleksi siapa yang membeli apakah itu anak-anak ataupun orang dewasa.Adapula pedagang yang tak tahu menahu tentang adanya konten porno pada korek gas itu.

Didalam berita itu juga disebutkan bahwa pedagang tersebut mendapatkan pasokan korek tersebut karena ditawarin oleh orang atau orang tersebut menawarkan secara door to door.Karena pemasok melakukan pemasaran secara door to door maka polisi mengaku mengalami kesulitan namun polisi tetap akan berusaha menangkap pelaku tersebut.

Di lain daerah polisi juga telah melakukan penyitaan korek gas tersebut yang telah beredar,seperti yang diberitakan di sragen dan di palu.Korek api tersebut sudah merambah ke berbagai daerah di indonesia,untuk itu kita harus bisa mensikapi akan keberadaan peredaran korek api tersebut(bukan malah mencari korek tersebut ke pedagang-pedagang setelah membaca blog ini 😛 ).Untuk itu dimohon juga peranan orang tua dalam mengawasi barang-barang yang dimiliki oleh anak-anak,karena ditakutkan korek tersebut bisa membuat buruk mental ataupun moral sang anak..